Jumat, 31 Juli 2015

Libur Lebaran, Ragunan Siap Sambut Wisatawan

Kebun Binatang Ragunan jadi salah satu object wisata favorite untuk wisatawan yang ada di seputar Jakarta. Menurut data dari pengelola, pada libur Lebaran th. 2014, sejumlah 830. 000 wisatawan datang ke Kebun Binatang Ragunan. Oleh karenanya, pihak pengelola menyebutkan sudah siap untuk menyongsong wisatawan yang akan tiba. 

“Sebelum libur Lebaran, kita telah mulai mencicil persiapan. Kesiapan kita telah 95 %. Umpamanya panduan arah, tempat parkir, serta rute-rute kendaraan supaya tak alami stagan. ” kata Koordinator Humas Kebun Binatang Ragunan, Wahyudi Bambang waktu dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (16/7/2015). 

Wahyudi menyampaikan diluar itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan aparat yang berkenaan. Pihaknya sudah membuat gagasan jalan raya di seputar Kebun Binatang Ragunan yang bakal dilalui wisatawan. 

“Kesiapan lain yang telah kami siapkan yaitu stan-stan kuliner seputar 4 blok. Untuk pedagang-pedagang yang didalam, telah kita data serta tercatat, ” kata Wahyudi. 

Untuk persiapan medis, pihak Ragunan juga sudah mempersiapkan posko-posko kesehatan di dua titik yakni di dekat kantor pengelola serta dekat pusat info. Sarana medis yang bersiaga yaitu dua buah ambulans punya Palang Merah Indonesia serta Dinas Kesehatan Jakarta. 

“Untuk tempat parkir, kita mengoptimalkan dari kantong-kantong parkir yang ada di 4 pintu masuk. Sekarang ini, tempat parkir dapat menyimpan 22. 000 unit motor, 6. 000 unit mobil, serta bus sejumlah 150 unit, ” tutur Wahyudi. 

Untuk pintu masuk, ada empat rute yakni dari segi utara, selatan, timur, serta barat. Menurut Wahyudi, umumnya pengunjung cuma tahu dari segi utara yakni dari arah Pejaten lalu menuju Ragunan. 

“Untuk itu, tambah baik jauhi rute utara. Lantaran ada banyak rute lain yang dapat dilalui, ” ungkap Wahyudi. 

Kebun Binatang Ragunan adalah object wisata yang terdapat di Jakarta Selatan. Tiap-tiap libur Idul Fitri, wisatawan sering penuhi object wisata yang tawarkan koleksi hewan-hewan seperti gajah, burung, monyet, serta hewan-hewan lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar